Minggu, 11 Oktober 2009

BAGAIMANA MEMBANGUN TOKO ONLINE

BAGAIMANA MEMBANGUN TOKO ONLINE?

1. Membuat Website

Ibarat toko di dunia nyata, inilah toko Anda di dunia maya. Buatlah website anda semenarik mungkin agar para pengunjung percaya dan membeli produk Anda. Saat ini biayanya tidak terlalu mahal, jadi jangan pakai yang gratisan, agar pengunjung semakin percaya. Sebaiknya juga, buatlah nama website yang mudah diingat, simple, dan terkait dengan produk yang Anda tawarkan. Dan agar memudahkan konsumen, pasanglah foto-foto produk Anda secara lengkap dan menaraik, serta cantumkan informasi-informasi penting soal pemesanan barang.

2. Siapkan SDM yang memadai

Toko online sebenarnya hanya sarana berdagang. Bisnis yang sesungguhnya adalah bidang yang Anda tekuni. Untuk itu, Anda tidak perlu mahhir dalam pemmbustsn website. Yang anda lakukan adalah memiliki tim dan system yang kuat dalam menangani esanan, meng-update harga, men-display produk, dan melakukan pengiriman. Berdayakan orang-orang terdekat di sekitar anda.

3. Pelayanan

Berikan pelayanan yang terbaik, terutama dalam hal kualitas dan ketepatan waktu pengiriman. Inilah kunci utama keberhasilan took online. Selain itu, bermitralah dengan jasa pengiriman barang yang terpercaya dan pengalaman. Kalau perlu ada garansi produknya. Namun itu tidak mutlak, bergantung komoditas yang diperdagangkan.

4. Mental Enterpreneurship

Usaha toko online adalah sama dengan usaha lainnya di dunia nyata. Bedanya, dan ini yang paling penting, adalah jiwa dan mental entrepreneurship pengelolanya. Anda-lah yang menentukan apakah usaha toko online Anda berjalan atau tidak. Miliki mental seorang entrepreneur sejati: pantang menyerah, sabar, berani mengambil resiko dan selalu mencari peluang. Boleh jadi bisnis pertama anda gagal, namun itu bukan akhir segalanya.

EDUKASIA OKTOBER 2008

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda