Sabtu, 07 November 2009

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

1. Apa yang saudara ketahui tentang komunikasi? Dari ketiga pengertian tentang komunikasi yang dikemukakan Keith Davis, Chester I Barnard maupun Koontz O’Donnell mana yang cenderung saudara setujui, mengapa?
Jawab
Komunikasi adalah suatu alat penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain.
Saya lebih setuju pengertian dari Chester I Barnard, menurut dia komunikasi adalah suatu alat dimana orang-orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum. Karena selain untuk memberikan informasi kepada orang lain, komunikasi juga bermanfaat untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2. Apa yang menjadi komponen penting agar komunikasi berjalan dengan lancar?
Jawab
- Harus ada si pembawa berita atau biasa disebut komunikator (Sender).
- Harus ada si penerima berita atau biasa disebut komunikan (Receiper).
- Berita atau informasi yang akan disampaikan.

3. Jelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi suatu komunikasi agar komunikasi tersebut berjalan dengan baik dan berhasil!
Jawab
- Jelas, yaitu dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima berita.
- Tepat, alam hal orang yang dituju untuk diberi berita atau informasi yang perlu disampaikan.
- Sasaran, tujuan pemberian berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim.

4. Jelaskan perbedaan antara One Way Traffic dan Two Way Traffic. Berikan contohnya!
Jawab
One Way Traffic adalah komunikasi satu arah yang artinya komunikasi ini terjadi jika seseorang yang mengirim berita tidak bermaksud untuk menerima umpan balik(respon) dari orang yang menerimanya secara langsung, sedangkan Two Way Traffic adalah komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan orang lain dimana kedua orang tersebut sama-sama aktif dalam memberikan tanggapan.

Contohnya:
One Way Traffic, atasan memerintahkan bawahnnya untuk membuat laporan perubahan jadwal.
Two Way Traffic, Sesama teman atau sesame karyawan yang berada dalam tingkatan struktur organisasi yang sama.

5. Jelaskan cara menghitung jumlah arus tata hubungan yang ada dalam suatu organisasi yang anggotanya selalu bertambah menurut JE Walfers!

6. Jelaskan perbedaan komunikasi langsung dan tak langsung. Dari kedua komunikasi tersebut mana yang lebih baik? Mengapa?
Jawab
Komunikasi langsung cara menyampaikan berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita (komunikator) kepada si penerima berita (komunikan) dilakukan secara langsung. Sedangkan komunikasi tak langsung dalam menyampaikan berita tidak secara langsung.
Menurut saya yang lebih baik adalah komunikasi langsung karena di samping kita bertemu dengan komunikator maupun komunikannya jika ada hal yang belum dimengerti kita dapat langsung bertanya kepada orang tersebut.

7. Apa manfaat yang bisa diperoleh kalau seorang manajer bisa memanfaatkan “The Grapevine” yang ada pada suatu organisasi?
Jawab
Agar seorang manajer dapat memakai jalur ini untuuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan dan jangan sampai mengakibatkan timbulnya desas desus yang meresahkan karyawan.

8. Jelaskan sumbangan komunikasi terhadap terciptanya koordinasi dalam suatu organisasi!
Jawab
Tercapainya suatu koordinasi dalam anggota organisasi.

9. Gambarkan hubungan antara komunikasi, kerjasama, dan koordinasi. Apa manfaat yang diperoleh dengan mengetahui hubungan antara ketiganya tersebut!
Jawab
Komunikasi yang tepat menghasilkan suatu koordinasi dan kerjasama .
Manfaat yang diperoleh yaitu dapat mencapai tujuan secara efisien.

10. Apa saja yang saudara ketahui tentang hubungan komunikasi dalam SIM?
Jawab
Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem formal mengenai hal melaporkan, menggolongkan dan menyebarkan informasi kepda orang yang tepat dalam suatu organisasi dan organisasi tidak mungkin berada tanpa komunikasi. Jadi komunikasi diperlukan dalam sistem informasi manajemen.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda